Posts Subscribe to (PUT YOUR BLOG NAME HERE)Comments

Kamis, 18 Maret 2010

rangkuman tugas 1,2,3

Kepribadian

Kepribadian

Pribadianku kepribadian yang dewasa dan merupakan label positif bagi orang yang dianggap telah mencapainya. Sayang, banyak orang tak pernah berpikir menjadi dewasa. Padahal, kepribadian dewasa merupakan ukuran perkembangan kepribadian yang sehat.


Kepribadian dapat dibagi menjadi dua tipe :

  1. kepribadian yang introvert

kepribadian yang tertutup, hanya ingin melakukan hal sesuatu dengan individu.

Kepribadian ini memiliki beberapa ciri – ciri:

tidak mudah bergaul, tidak terbuka dengan yang lain

Serius, tenang, kekuatannya pada konsentrasi dan ketelitian. Praktis, rapi, tidak berbelit-belit, logis realistic dan dapat dipercayai, terorganisir dengan baik. Bertanggung jawab mewujudkan idenya sendiri dalam menyelesaikan sesuatu tugas dan melakukan terus menerus daripada melakukan protes atau gangguan

  1. kepribadian ekstrovert kepribadian yang terbuka ,seseorang tersebut apabila melakukan pekerjaan dengan kelompok. Kepribadian ini biasanya periang, mudah bergaul, senang dengan hal-hal yang menarik, dan ada sisi negative dari kepribadian ini biasanya orangnya masa bodo/ sembrono, mudah lupa , mudah terpengaruh, dan tidak care dengan keadaan lingkungan hidupnya.


kebudayaan toraja

Suku Toraja adalah suku yang menetap di pegunungan bagian utara Sulawesi Selatan, Indonesia. Populasinya diperkirakan sekitar 600.000 jiwa. Mereka juga menetap di sebagian dataran Luwu dan Sulawesi Barat.
Nama Toraja mulanya diberikan oleh suku Bugis Sidenreng dan dari Luwu. Orang Sidenreng menamakan penduduk daerah ini dengan sebutan To Riaja yang mengandung arti "Orang yang berdiam di negeri atas atau pegunungan", sedang orang Luwu menyebutnya To Riajang yang artinya adalah "orang yang berdiam di sebelah barat". Ada juga versi lain bahwa kata Toraya asal To = Tau (orang), Raya = dari kata Maraya (besar), artinya orang orang besar, bangsawan. Lama-kelamaan penyebutan tersebut menjadi Toraja, dan kata Tana berarti negeri, sehingga tempat pemukiman suku Toraja dikenal kemudian dengan Tana Toraja.

Asal masyarakat Tana Toraja.
Konon, leluhur orang Toraja adalah manusia yang berasal dari nirwana, mitos yang tetap melegenda turun temurun hingga kini secara lisan dikalangan masyarakat Toraja ini menceritakan bahwa nenek moyang masyarakat Toraja yang pertama menggunakan "tangga dari langit" untuk turun dari nirwana, yang kemudian berfungsi sebagai media komunikasi dengan Puang Matua (Tuhan Yang Maha Kuasa).

Kepercayaan pada Aluk Todolo pada hakikatnya berintikan pada dua hal, yaitu padangan terhadap kosmos dan kesetiaan pada leluhur nenek moyang. Masing-masing memiliki fungsi dan pengaturannya dalam kehidupan bermasyarakat. Jika terjadi kesalahan dalam pelaksanaannya, sebutlah seperti dalam hal "mengurus dan merawat" arwah para leluhur, bencana pun tak dapat dihindari.


Manusia Mars

Hari ini adalah hari peringatan 200 tahun Jaman Luar Angkasa. Disetiap sudut lorong dek dapat ku lihat replika satelit Sputnik-1 berbentuk bola berdiameter enam puluh sentimeter dengan empat buah kaki sebagai satelit yang menjadi simbol peringatan ini. Aku tidak ingat pasti mengenai sejarah kuno Gaia, bila aku tidak salah satelit buatan itu milik sebuah negara di masa planet itu masih disebut Bumi. Negaranya bernama Uni Soviet atau mungkin sesuatu seperti itulah. Aku sendiri lupa.
Asal muasalku, sama seperti semua manusia yang aku kenal, memang berasal dari Planet Gaia. Dari sejarah yang ku pelajari di sekolah dulu, pada tahun 2035 Gaia terjadi migrasi besar – besaran penghuni planet Gaia, atau yang dulu disebut Bumi itu, berpindah ke planet Mars. Migrasi ini dikarenakan meningkatnya suhu planet itu yang menyebabkan seluruh es di kutub – kutub planet Gaia mencair dan memenuhi lautan hingga akhirnya menutupi seluruh daratan disana. Aku sendiri mengetahui bentuk laut yang berupa kumpulan air berwarna biru hanya dalam gambar – gambar saja, karena kami tidak memiliki air sebanyak itu di Mars, tidak ada laut disana. Sepuluh tahun kemudian, Gaia yang sebelumnya juga disebut sebagai Planet Biru oleh penduduknya, telah berubah menjadi Planet Pucat karena hingga kini seluruh permukaannya tertutup dengan es.
Semenjak tiga tahun lalu, aku sudah bertugas di ISS Eros, sebuah stasiun luar angkasa yang berada di antara orbit Mars dan Gaia. Aku disini bertugas sebagai teknisi yang khusus menangani mesin gravitasi.


Read More “rangkuman tugas 1,2,3”  »»

Rabu, 17 Maret 2010

gunung berapi ada di dasar laut




Baru-baru ini muncul sebuah fenomena yaitu terjadi retakan di dasar lautan yang mengeluarkan lava, dan lava ini menyebabkan air mendidih hingga suhunya lebih dari seribu derajat Celcius. Meskipun suhu lava tersebut luar biasa tingginya, ia tidak bisa membuat air laut menguap, dan begitu juga air laut tidak bisa memadamkan api.

Setelah Perang Dunia II, para peneliti turun dan menyelam ke dasar laut dan samudera dalam rangka mencari alternatif berbagai barang tambang yang sudah nyaris habis cadangannya di daratan akibat konsumerisme budaya materialistik yang dijalani manusia sekarang ini. Mereka dikejutkan dengan rangkaian gunung berapi (volcanic mountain chain) yang membentang berpuluh-puluh ribu kilometer di tengah-tengah seluruh samudera bumi yang kemudian mereka sebut sebagai "gunung-gunung tengah samudera".

Dengan mengkaji rangkaian gunung-gunung tengah samudera ini tampak jelas bahwa gunung-gunung tengah samudera tersebut sebagian besar terdiri dari bebatuan berapi (volcanic rocks) yang dapat meledak layaknya ledakan gunung berapi yang dahsyat melalui sebuah jaring retak yang sangat besar. Jaring retak ini dapat merobek lapisan bebatuan bumi dan ia melingkupi bola bumi kita secara sempurna dari segala arah dan terpusat di dalam dasar samudera dan beberapa lautan.sedangkan kedalamannya mencapai 65 km. Kedalaman jaring retak ini menembus lapisan bebatuan bumi secara penuh hingga menyentuh lapisan lunak bumi (lapisan bumi ketiga) yang memiliki unsur bebatuan yang sangat elastis, semi cair, dan memiliki tingkat kepadatan dan kerekatan tinggi.

Bebatuan lunak ini didorong oleh arus muatan yang panas ke dasar semua samudera dan beberapa lautan semacam Laut Merah dengan suhu panas yang melebihi 1.000 derajat Celcius. Batuan-batuan elastis yang beratnya mencapai jutaan ton ini mendorong kedua sisi samudera atau laut ke kanan dan ke kiri yang kemudian disebut oleh para ilmuwan dengan �fenomena perluasan dasar laut dan samudera�. Dengan terus berlangsungnya proses perluasan ini, maka wilayah-wilayah yang dihasilkan oleh proses perluasan itupun penuh dengan magma bebatuan yang mampu menimbulkan pendidihan di dasar samudera dan beberapa dasar laut.

Salah satu fenomena yang mencengangkan para ilmuwan saat ini adalah bahwa meskipun sebegitu banyak, air laut atau samudera tetap tidak mampu memadamkan bara api magma tersebut. Dan magma yang sangat panaspun tidak mempu memanaskan air laut dan samudera. Keseimbangan dua hal yang berlawanan: air dan api di atas dasar samudera bumi, termasuk di dalamnya Samudera Antartika Utara dan Selatan, dan dasar sejumlah lautan seperti Laut Merah.

Laut Merah misalnya, merupakan laut terbuka yang banyak mengalami guncangan gunung berapi secara keras sehingga sedimen dasar laut inipun kaya dengan beragam jenis barang tambang. Atas dasar pemikiran ini, dilakukanlah proyek bersama antara Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia, Sudan, dan salah satu negara Eropa untuk mengeksploitasi beberapa kekayaan tambang yang menggumpal di dasar Laut Merah.

Kapal-kapal proyek ini melemparkan stapler barang tambang untuk mengumpulkan sampel tanah dasar Laut Merah tersebut. Stapler pengeruk sampel tanah itu diangkat dalam batang air yang ketebalannya mencapai 3.000 m. Dan jika stapler sampai ke permukaan kapal, tidak ada seorangpun yang berani mendekat karena sangat panasnya. Begitu dibuka, maka keluarlah tanah dan uap air panas yang suhunya mencapai 3.000 derajat Celcius. Dengan demikian, sudah terbukti nyata di kalangan ilmuwan kontemporer, bahwa ledakan gunung vulkanik di atas dasar setiap samudera dan dasar sejumlah laut jauh melebihi ledakan vulkanik serupa yang terjadi di daratan.

sumber:http://www.infospesial.com/news/other/fenomena-gunung-berapi-dalam-laut.htm

Read More “gunung berapi ada di dasar laut”  »»

TEAM VIEWER


Cara Menggunakan TeamViewer (Remote Desktop)

TeamViewer Remote Desktop FreeTeamViewer adalah suatu program yang cukup sederhana dan sangat mudah digunakan untuk beberapa keperluan terutama melakukan akses PC secara remote melalui internet.

TeamViewer saat ini sudah mencapai versi 4, merupakan aplikasi yang sangat cocok digunakan untuk mengakses PC lain melalui internet, keunggulan utamannya adalah Gratis siapa juga yang ga seneng denger kata-kata gratis.
Sebetulnya kelebihan utama "TeamViewer" ini seperti yang saya kutip dari situs resminya adalah

Windows 7 is approaching - TeamViewer 4 has already passed the "Compatible with Windows 7" logo test.

TeamViewer 4 works on all Windows versions from Windows 98 up to Windows 7 and is also available for Apple Mac OS X. It can even be used for cross-platform connections from Windows to Mac and back!
Sangat menarik karena teamviewer dapat cross-platform connections. Saya sudah menggunakannya sejak versi 3 dan sampai sekarang kedua versi tersebut masih terinstall dan dapat berjalan dengan baik, karena Teamviewer hanya bisa melakukan akses komputer (PC) secara remote jika menggunakan versi yang sama.

Fitur utama TeamViewer adalah:
  1. Remote Support
  2. Presentation
  3. File Transfer
  4. VPN
Yang sering saya gunakan hanya Remote Support (akses PC Klien melalui jalur internet), fitur/manfaat TeamViewer yang satu ini sangat membantu jika kita perlu mengakses PC yang jauh dari posisi kita sekarang, karena cukup terkoneksi internet dan mengetahui ID serta Password PC tersebut dalam hitungan detik kita sudah bisa akses PC itu secara remote seperti kita ada di depan PC tersebut secara langsung. Selain fungsi remote desktop, manfaat lain yang sering saya gunakan adalah "File Transfer" daripada berkirim file lewat email saya lebih pilih menggunakan teamviewer, karena bisa melakukan copy file langsung ke direktori yang kita inginkan, bisanya saya lakukan jika akan update program yang saya buat untuk beberapa konsumen.

Perbedaan utama yang saya rasakan saat menggunakan program ini dengan beberapa program untuk remote desktop adalah "cepat dan stabil" walau kadang saya akses internet hanya dengan koneksi GPRS, tapi masih sanggup melakukan remote ke PC lain,jika anda mempunyai koneksi internet yang cukup cepat dan stabil maka delay yang terjadi tidak akan terasa, karena seakan-akan anda berada langsung di depan PC tersebut.

Syarat utama untuk dapat mengunakan TeamViewer adalah:
  • Install TeamViewer di kedua PC yang akan melakukan koneksi secara remote (versi sama)
  • Koneksi internet sudah tersambung
  • Masukan ID dan password PC yang akan diremote. ID dan Password dapat menggunakan mode dynamic maupun ditentukan sendiri, tergantung kebutuhan saya biasa menggunakan kedua duanya tergantung situasi.
Sekilas penggunaan Teamviewer:

cara menggunakan TeamViewer
Tampilan utama TeamViewer, jika sudah tampil (Ready to connect (secure connection)) maka anda siap melakukan koneksi ke PC lain, kemudian masukan ID PC klien jika koneksi berhasil maka akan muncul kotak "Password", isi password teamviewer PC yang akan anda remote. Jika berhasil maka akan tampil desktop PC yang diremote tersebut.
Jika anda ingin melakukan File Transfer, maka pilih "File Transfer" pada bagian pilihan yang terlihat dibawah kotak ID, kemudian klik "Connect to partner".

seting password TeamViewer
Contoh Teamviewer versi 4

Jika ingin menggunakan password dan ID yang tetap maka cukup tempatkan kursor mouse pada bagian kotak password, maka akan tampil seperti gambar diatas, pilih "Set user definied password" kemudian masukan password yang anda inginkan.

Teamviewer sangat membantu jika anda mengelola/membuat program karena kadang saya menggunakannya untu melakukan perbaikan bug/error program maupun mengakses database klien dan memperbaikinya secara langsung tanpa perlu datang ke lokasi

sumber: http://kamar360.blogspot.com/2009/09/cara-menggunakan-teamviewer-remote.html

Read More “TEAM VIEWER”  »»

Senin, 08 Maret 2010

Manusia Mars

7 Oktober, 2007
Hari ini adalah hari peringatan 200 tahun Jaman Luar Angkasa. Disetiap sudut lorong dek dapat ku lihat replika satelit Sputnik-1 berbentuk bola berdiameter enam puluh sentimeter dengan empat buah kaki sebagai satelit yang menjadi simbol peringatan ini. Aku tidak ingat pasti mengenai sejarah kuno Gaia, bila aku tidak salah satelit buatan itu milik sebuah negara di masa planet itu masih disebut Bumi. Negaranya bernama Uni Soviet atau mungkin sesuatu seperti itulah. Aku sendiri lupa.

Oya, namaku Dirilian. Aku dilahirkan di daerah selatan tepatnya di Sektor 13 Hellas Planitia, pada tahun 2137 Gaia. Benar. Kami masih mengacu pada perhitungan waktu menggunakan waktu Gaia, walau rotasi planet pucat itu hampir dua kali lebih cepat dari pada Mars. Dengan mengikuti perhitungan satu kali rotasi planet Gaia, satu tahun disana hanya 365 hari, sedangkan dengan perhitungan yang sama Mars membutuhkan waktu 687 hari untuk melakukan satu putaran mengelilingi matahari. Jadi bisa dikatakan, bila mengikuti tahun Gaia umurku sekarang sudah mencapai dua puluh tahun, sedang bila mengikuti perputaran tempat kelahiranku, aku masih remaja belasan tahun.

Asal muasalku, sama seperti semua manusia yang aku kenal, memang berasal dari Planet Gaia. Dari sejarah yang ku pelajari di sekolah dulu, pada tahun 2035 Gaia terjadi migrasi besar – besaran penghuni planet Gaia, atau yang dulu disebut Bumi itu, berpindah ke planet Mars. Migrasi ini dikarenakan meningkatnya suhu planet itu yang menyebabkan seluruh es di kutub – kutub planet Gaia mencair dan memenuhi lautan hingga akhirnya menutupi seluruh daratan disana. Aku sendiri mengetahui bentuk laut yang berupa kumpulan air berwarna biru hanya dalam gambar – gambar saja, karena kami tidak memiliki air sebanyak itu di Mars, tidak ada laut disana. Sepuluh tahun kemudian, Gaia yang sebelumnya juga disebut sebagai Planet Biru oleh penduduknya, telah berubah menjadi Planet Pucat karena hingga kini seluruh permukaannya tertutup dengan es. Ternyata perubahan yang terjadi pada planet Gaia juga mempengaruhi tingkat gravitasi disana yang melonjak terlalu tinggi, sehingga satelitnya yang bernama Luna, atau bila tidak salah dulu bernama Bulan itu tertarik hingga hanya berjarak beberapa kilometer (aku lupa jarak tepatnya) dari lapisan atmosfir Gaia. Beberapa tahun yang lalu sempat ada teori yang mengatakan Luna akan bertumbukan dengan Gaia, tetapi teori itu tidak pernah terbukti. Malah sekitar dua puluh tujuh tahun yang lalu manusia kembali menginjakan kaki di planet itu untuk misi ekspedisi pencarian Gas Xenon yang diperlukan sebagai bahan bakar mesin ion. Dan mulai saat itu jugalah Gaia bagai menjadi planet tambang bagi manusia. Padahal, setahuku, salah satu alasan mengapa Bumi dulu berubah nama menjadi Gaia, karena manusia berusaha menyesali peran nenek moyang mereka terhadap perusakan Bumi dan berusaha menciptakan perdamaian dengannya. Suatu awal baru dari perputaran yang sama?

Semenjak tiga tahun lalu, aku sudah bertugas di ISS Eros, sebuah stasiun luar angkasa yang berada di antara orbit Mars dan Gaia. Aku disini bertugas sebagai teknisi yang khusus menangani mesin gravitasi. Stasiun ini sendiri baru mengorbit sekitar empat tahun yang difungsikan sebagai wahana persinggahan pesawat pengangkut maupun penumpang dari dan menuju Gaia. ISS Eros hanya berawakan tujuh puluh delapan orang saja, termasuk stasiun kecil apalagi bila dibandingkan dengan ISS Aegis yang memiliki awak sebanyak dua ratus delapan puluh orang dan pasukan militer hingga seribu tentara (ISS Aegis memang diperuntukan sebagai basis pertahanan dari ancaman penghuni planet lain yang mengutip hasil penelitian dicurigai berasal dari orbit Mu Arae). Aku pernah ditempatkan di ISS Aegis selama enam bulan. Teknisi mesin gravitasi saja di ISS Aegis mencapai jumlah belasan orang, sedangkan kami disini hanya memiliki empat orang termasuk aku. Dan itupun masih ditambah pekerjaan memperbaiki mesin ion untuk shuttle-shuttle yang mengalami masalah ketika merapat ke Eros. Namun kami sangat senang setiap kali ada pesawat dari Gaia yang singgah. Sayangnya mereka hanya setiap setengah putaran Phobos saja tiba disini. Itu pun tak pernah lama. Tapi kami selalu menyempatkan mendengar cerita pengalaman mereka selama di Gaia, terutama cerita – cerita tentang es yang terbentuk dari air itu. Kami juga memiliki kutub es di Mars, tetapi bahannya berbeda karena terbentuk dari karbondioksida yang membeku. Cerita paling menarik yang pernah aku dengar, es di Gaia bila dicairkan dengan panas yang cukup, maka airnya bila diminum akan memiliki rasa yang khas yang tidak dapat ditemukan dalam minuman jenis apapun di Mars. Tapi sejauh yang aku pernah temui, hanya ada tiga orang saja yang pernah mencoba benar – benar meminumnya. Itu pun secara sembunyi – sembunyi. Karena bila tidak, pastilah mereka akan segera dikarantina oleh tim medis. Penelitian terakhir menyatakan kandungan mineral dalam es maupun cairan di Gaia memungkinkan organisme – organisme jahat hidup didalamnya. Itu pula sebabnya, semua manusia yang masuk dan keluar dari Gaia akan selalu melewati pengecekan kesehatan menyeluruh secara ketat.

Semua cerita – cerita yang aku dengar tentang Gaia selalu membangkitkan imaginasi petualanganku. Itulah sebabnya, jika aku mempunyai waktu kosong diantara pekerjaanku, aku akan lebih senang duduk dikamarku menghadap ke jendela yang kebetulan bisa aku lihat Gaia dari situ. Anganku pun mulai melayang, membayangkan berbagai petualangan – petualangan seru di Gaia seperti cerita orang orang yang telah menginjakan kakinya disana. Hingga aku terpaksa menghentikan hayalan itu karena pekerjaan atau mulai tertidur.

***

Saat itu aku sedang berada di gudang material, baru saja aku selesai menginventarisir jumlah persediaan nitrogen yang digunakan sebagai materi pendingin pipa-pipa berilium pembangkit tenaga mesin gravitasi. Tenaga mesin ini memang dirancang untuk didapat dari dua sumber; daya listrik yang dihasilkan pembangkit bertenaga nuklir dan sebuah pembangkit lainnya yang menggunakan mesin ion sebagai tenaga cadangan. Pipa berilium sendiri hanya digunakan pada pembangkit tenaga bermesin ion, yang bisa dikatakan, sangat jarang sekali digunakan.

Aku baru saja selesai meng-upload data dari tabletku ke database utama ketika seorang temanku mengatakan ada sebuah transporter shuttle yang memiliki masalah dengan mesin pendorongnya, bergerak merapat ke shuttle dock 16. Sambil mengikuti langkahnya dia menjelaskan bahwa dua mesin ion pendorong sebelah kanan shuttle model DSX301 tersebut mengalami kebocoran saluran gas xenon.

Setibanya di shuttle dock 16, melalui jendela besar bulat dihadapanku dapat kulihat kelihaian pilot shuttle itu mengendalikan pesawat yang sudah kehilangan kedua pendorong kanannya. Shuttle itu hanya bergerak dengan dua mesin ion disebelah kiri. Jika pilotnya tidak cukup lihai mengendalikan titik keseimbangan pesawat, maka dapat dipastikan shuttle itu akan berputar-putar. Terlintas dalam pikiranku, pilot pesawat itu pastilah pilot yang sudah sangat berpengalaman mengendalikan pesawatnya dalam berbagai kondisi.

Tapi aku sangat terkejut setelah shuttle itu berhasil merapat, ternyata pilot yang membuatku terkagum dengan caranya terbang itu kembali membuatku terkagum dengan wujudnya. Seorang perempuan muda, mungkin seumur denganku, dengan tubuh yang begitu indah terbungkus baju perak mengkilat. Kedua kakinya begitu panjang dan seimbang dengan otot paha yang terlihat begitu kuat menopang pinggulnya yang berisi dan pinggang mencekung, hingga menampilkan dadanya sebagai pusat keindahan, ditambah dengan buah dada bulat ketat, tidak begitu besar tapi juga tidak kecil. Benar – benar seimbang. Dan wajahnya, seolah memancarkan cahaya yang lebih terang dari cahaya yang terpantulkan baju berwarna peraknya itu. Dagunya putih sedikit meruncing dan pipinya begitu mulus kemerahan, hidungnya meninggi namun mungil membulat diujungnya, diantaranya tergolek sebuah bibir tipis yang terlihat basah memerah, tak perlu tersenyum, tampak begitu indah dan mempesona. Rambutnya hitam legam pendek membulat diujungnya dengan poni yang bagai tirai indah menghiasi keningnya, menambah kecantikan matanya yang begitu bulat dan hitam dengan pandangan yang dalam, mantap menusuk-nusuk hati laki-laki yang bertumbukan mata dengannya. Sungguh keindahan bagai gambaran dewi-dewi kuno yang dituliskan dalam kisah-kisah pada masa Gaia. Gerakan tubuhnya saat berjalan mendekat bagaikan putaran kumparan dengan gaya magnet yang begitu besar menangkap dan menawan kesadaranku. Mataku tak terkendali, mematikan fungsi cerebal cortex-ku. Aku terpaku.

“Dirilian, bisakah kau membantuku dengan mesin ion dipesawatku?”

“Oh..maaf. Darimana kau tahu namaku?”

“Mmm..kamu baik-baik saja? Aku bisa membaca namamu di tulisan yang tertempel dibajumu itu. Selain itu, teman-temanmu mengatakan, kau, Dirilian, adalah teknisi mesin gravitasi dengan mesin ion terbaik disini. Apakah itu cukup menjelaskan?” dia menjawab dengan penuh canda. Suaranya begitu manis mengalir seolah langsung mengalir kedalam hatiku.

“Oh..ya..tentu saja.. Ya, tentu.” Aku menjawab sekenanya dengan kalimat yang baru aku sadari sangat menunjukan rasa malu dan gugup. Semakin memastikan warna merah dimukaku yang aku rasa semakin menjalar kesetiap sudut wajah.

“Hihi… Kamu lucu. Terima kasih untuk sambutannya, juga untuk niatmu membantu memperbaiki pesawatku, walau kau masih saja berdiri disini..”

Aku semakin gugup, “…eee…eh, iya. Aku akan segera memperbaikinya.” Jawabku sambil ekor mataku berkeliling mencari teman-temanku yang ternyata sudah menghilang entah kemana.

“Hahaha… Maaf, aku hanya bercanda. Aku membutuhkan beberapa barang. Setelah aku mendapatkannya, aku akan segera menyusulmu. Mmm…kamu akan berada dipesawtku itu kan?” tanyanya dengan semakin penuh goda membuatku semakin salah tingkah.

“Oh..pasti. Ya, tentu. Pesawatmu itu disitu.”

Ah, apa yang aku bicarakan. Bodohnya!

Dengan tertawa seolah membawa berjuta kemenangan dia berlalu. Tapi beberapa langkah, dia berbalik dan mengatakan sesuatu.

“Oya, namaku Maureen. Sampai bertemu nanti…” tersenyum sesaat, kemudian kembali berjalan meninggalkanku yang masih saja terpancang ditempatku berdiri.

Bodohnya!

***

Sudah dua hari aku bekerja berdua saja dengan Maureen memperbaiki shuttle-nya. Teknisi lain, teman-temanku itu seolah sengaja, selalu menghindar jika aku ajak membantuku dengan alasan ini itu. Mungkin juga karena mereka tahu perasaanku pada Maureen yang semakin hari semakin menyukainya. Maureen seperti biasa masih saja menggoda aku. Tapi aku sekarang sudah lebih mampu mengendalikan otak dan mulutku dalam bereaksi dengan segala candanya. Tapi tetap saja, masih sering kudapati mataku terpaku pada keindahan tubuhnya saat Maureen tidak memperhatikan. Perempuan itu… sungguh indah benar ia.

Hari ini kami berencana mencoba menerbangkan Dawn Space Transporter yang diterbangkan Maureen. Karena kurangnya beberapa suku cadang di Eros, ada beberapa hal yang kami coba akali hanya agar ia bisa terbang dengan selamat sampai di Mars. Itu juga yang menyebabkan perbaikan mesinnya cukup lama. Tapi bagiku sendiri, aku menikmati saja kebersamaan dengannya. Bila bisa, akan aku hancurkan shuttle-nya itu agar ia terjebak selamanya denganku. Tapi itu hanya salah satu pikiran bodohku saja!

Berhasil. Setelah melakukan beberapa kali simulasi dan pengecekan pada sistem, tidak ada masalah yang ditemui.

“Kamu siap, Maureen?”

“Kenapa tidak? Selama ada kamu disini, aku merasa aman dan yakin akan berhasil. Lagipula, kalau terjadi malfunction kan aku tinggal meminta kamu memperbaikinya saja. Betul tidak?”

Wajahnya sempat merona saat mengatakan itu. Ah… merasa aman jika ada aku.

Tapi sudahlah, lebih baik aku segera menyuruhnya menerbangkan shuttle ini.

Kami begitu gembira ketika jerih payah kami selama dua hari berbuah keberhasilan. Shuttle ini bisa terbang kembali dengan keempat mesin ion-nya untuk beberapa menit. Selama itu mataku tetap tertuju pada semua monitor sistem, tidak ada indikasi kesalahan. Aku bangga sekali, bukan hanya karena pekerjaanku berhasil, tapi karena aku bisa menunjukan kualitas dan kepandaianku didepan Maureen.

Setelah berhasil kembali menempel dengan shuttle dock dan mematikan mesin, kami merayakannya dengan tertawa selepasnya. Tak kuduga, tiba-tiba Maureen melompat kearahku sambil memeluk aku. Tapi karena aku terkejut, aku tidak mampu menahan tubuh kami dan terjatuh. Kami masih tertawa, hingga tiba-tiba tanpa diperintah kami berhenti tertawa dan saling lekat berpandangan. Tubuhnya masih diatas tubuhku saat wajahnya mendekat, semakin dekat, dan bibir kami bersentuhan. Bagai oksigen murni yang memenuhi otakku, aku merasa begitu tenang sambil bibirku terus melumat bibirnya. Semakin lama semakin panas dan berkeringat, kamipun mulai saling melucuti pakaian kami. Lalu tak lagi ada keraguan dalam hati dan pikiranku, semua terjadi, dengan desah-desah penuh nikmat yang terkadang diselingi cakaran tangannya dipunggungku. Hingga akhirnya tubuh kami bergetar hebat dipenuhi nikmat, saling berpelukan erat, dan kembali berciuman. Begitu lelah, kami tertidur, berpelukan, masih telanjang.

Entah apa yang telah dikatakan Maureen pada pimpinanku, tapi aku sangat gembira ketika keluar dari ruangan pimpinanku itu. Aku baru saja ditugasi untuk mengawal Maureen kembali ke Mars. Aku bahkan tidak terlalu menyimak saat Maureen menceritakan bahwa ia membohongi pimpinanku dengan mengatakan ada material dari Gaia yang sangat penting dalam shuttle-nya yang harus segera tiba di Mars untuk diselidiki. Karena shuttle-nya belum berhasil seratus persen diperbaiki, ia meminta agar aku diijinkan menemaninya selama penerbangan. Tapi seperti yang aku katakan, aku tidak terlalu menyimak dan tidak peduli. Yang kupedulikan hanyalah aku akan menghabiskan waktu beberapa hari bersama Maureen sebelum aku kembali ke Eros. Aku terlalu bahagia.

Dan hari ini pun kami berangkat disaat semua orang sedand asik menikmati pesta perayaan hari peringatan 200 tahun Jaman Luar Angkasa. Setelah kembali melakukan simulasi terakhir untuk memastikan semua sistem tidak mengalami masalah, kami segera manjauhi ISS Eros. Seolah tak sabar, Maureen segera memasukan koordinat tujuan kami dan menyalakan pengendali otomatis. Kami pun kembali bercinta dilantai kokpit, bahkan hingga beberapa kali. Hingga suara komputer pesawat menyadarkan kami.

“Anda akan segera memasuki atmosfir Mars dalam lima menit. Anda tidak dapat menggunakan pengendali otomatis saat memasuki atmosfir. Matikan kendali otomatis dan nyalakan kembali saat anda sudah memasuki lapisan atmosfir. Terima kasih.”

Maureen segera bangkit setelah mengecup bibirku dan mengenakan pakainnya. Aku mengikuti sambil sempat berbuat nakal dengan meremas pantatnya lalu menciumnya saat ia tersenyum. Perempuan ini benar – benar telah menawan jiwaku. Dalam hati aku berjanji akan memintanya untuk hidup bersama sesampainya di Mars nanti. Dan aku juga sudah bertekad tidak akan lagi melanjutkan pekerjaanku di Eros yang membosankan itu. Aku ingin berkelana bersama perempuan pujaanku ke celah – celah gunung es di Gaia.

***

Lamunanku terhentak. Tidak biasanya transporter shuttle seperti Dawn Space Transporter ini mendarat di Arsia Mons, apalagi kulihat pesawat ini mendekati Annie Cave, gua terbesar dari tujuh gua di Arsia Mons. Aku sering mendengar, bahwa daerah ini dikuasai oleh gerombolan pemberontak yang ingin menguasai Gaia untuk kepentingan mereka. Terutama dengan tingginya kandungan gas xenon disana. Dan baru saja saat aku hendak mencari Maureen dan menanyakan alasannya mendarat disini, saat sebuah benda bulat dingin mendarat keras di belakang kepalaku. Aku tak sadarkan diri.

Aku terbangun ketika guyuran dinginnya air menerpa wajahku, dan dengan beberapa tamparan yang sangat membuat wajahku terasa perih kemudian mengembalikan kesadaranku. Aku sempat terkejut ketika menemukan aku terduduk dikursi dengan tangan dan kaki terikat dan dihadapanku berdiri beberapa manusia dengan senjata sambil merokok menyesakan udara ruangan yang cukup kecil ini. Yang lebih mengagetkan aku, ada tiga sosok mahluk yang belum pernah aku lihat sebelumnya. Tapi aku pernah membaca tentang mereka. Awalnya aku tidak percaya mahluk – mahluk dengan tubuh hampir transparan ini ada. Ya, transparan. Bahkan aku hampir bisa menyebutnya tembus pandang, dari kepala hingga kaki. Jaringan otot – otot mereka dapat aku lihat jelas, bergetar setiap kali mereka bergerak. Persis seperti kecebong yang pernah aku lihat hologramnya di sekolah dulu. Tangan mereka panjang, hingga melewati lutut mereka saat berdiri tegak. Jarinyapun hanya tiga pasang berbentuk pipih. Mata mereka begitu dalam tanpa kelopak, nyaris terlihat bagai lobang dikepala mereka. Sedari tadi aku yakin tidak melihat mereka menggerakan mulut, tapi mereka dapat berkomunikasi dengan manusia – manusia itu, bahkan dengan menggunakan bahasa kami. Terlintas dikepalaku sesaat, sepertinya mereka adalah mahluk dari orbit Mu Arae yang pernah aku baca gambarannya dari sebuah artikel. Tapi itu hanya sesaat, perhatianku segera beralih ke salah satu manusia yangmendekat dan duduk di ujung meja tepat disebelahku.

“Dirilian, kami adalah GLA, Gaia Liberation Army yang berjuang untuk melepaskan Gaia dari kehancuran karena pertambangan yang dilakukan manusia. Dan mereka itu adalah kaum Achnock dari planet Armuenth di orbit Mu Arae.”

Ternyata benar, mahluk – mahluk itu nyata.

Dan kemudian, manusia itu mulai mengatakan maksudnya menahan aku. Dia mengharapkan aku bergabung dengan mereka karena mereka memerlukan orang yang pernah bekerja dengan mesin ion untuk pembangkit tenaga mesin gravitasi di ISS Aegis. Rencana mereka, adalah menghancurkan ISS Aegis sebagai benteng pertahanan manusia.

Aku akui, aku hanyalah pengecut. Tidak pernah terbayang dibenakku keinginan untuk menjadi seorang pahlawan. Tapi membayangkan aku mensabotase mesin ion seperti yang mereka inginkan, membayangkan saat elektron – elektron ditembakan pada pasokan gas xenon yang akan menyebabkan semburan ion yang hanya dalam hitungan detik akan melebur Aegis, dengan semua manusia bahkan anak – anak didalamnya, aku memilih untuk mati saja. Dan kalimat itulah yang terakhir keluar dari mulutku sesaat sebelum salah satu mahluk Achnock menyentuhku dan mengalirkan sesuatu yang terasa bagai beberapa kilowatt listrik menjalar ketubuhku, aku kembali tak sadarkan diri.

Dan kembali, mereka membangunkan aku dengan guyuran air dimukaku. Kali ini, mereka telah menanggalkan pakaian louse-ku (diambil dari kata kutu busuk yang menghasilkan cairan hangat yang berisi larutan hidrogen peroksida 25 persen untuk menanggulangi rendahnya suhu di Mars). Aku menggigil. Aku merasa telanjang. Kini disebelahku terduduk Maureen dengan kaki dan tangan terikat, mata tertutup sebuah kain hitam, dan mulutnya disumpal kain merah. Aku tidak mengerti, mengapa kini Maureen juga menjadi sasaran. Hingga manusia tadi mendekati telingaku dan membisikan kebenciannya padaku karena telah meniduri kekasihnya, Maureen. Aku melirik perempuan itu. Ada darah beku bekas menetes di dahi kanannya. Aku marah. Tapi tidak ada satu hal pun yang dapat aku lakukan. Bahkan ketika aku tetap menolak bergabung dengan GLA, dan manusia jahanam itu menembak kaki kiri Maureen. Tapi perempuan itu sangat hebat, hanya sekali teriakan yang diikuti caci maki pendek saja yang keluar secara tertahan dari mulutnya, tanpa ada tangisan. Ya, perempuan itu tidak menangis.

Aku bimbang. Haruskah aku membiarkan manusia – manusia di ISS Aegis mati untuk menyelamatkan Maureen. Tapi aku juga bimbang, apakah mereka benar – benar akan membunuh Maureen bila aku tidak mengikuti keinginan mereka. Maureen adalah salah satu dari mereka, malah, kekasih manusia bejat dihadapanku ini.

Belum selesai aku berpikir, satu tembakan phaser kembali dilontarkan. Kali ini melubangi kepala Maureen. Aku terdiam, aku tak mampu berkata. Aku terlambat menyelamatkan Maureen. Aku tetap terdiam bahkan ketika mereka menarikku dan mencampakan aku keluar bangunan. Sedetik kemudian kurasakan karbondioksida cair yang tiba – tiba muncul ke permukaan menyembur menghantam tubuhku, menyebabkan temperatur turun bisa hingga -107°C dan memaksa nyawaku keluar dari raga. Aku diam menyaksikan tubuhku hancur berkeping ketika jatuh ke permukaan.

Tetapi sesaat kemudian kebahagiaan itu kembali menghampiriku, ketika Maureen tiba – tiba menggandeng tanganku. Dan kami melayang, tinggi…

Read More “Manusia Mars”  »»

kebudayaan toraja

Suku Toraja adalah suku yang menetap di pegunungan bagian utara Sulawesi Selatan, Indonesia. Populasinya diperkirakan sekitar 600.000 jiwa. Mereka juga menetap di sebagian dataran Luwu dan Sulawesi Barat.
Nama Toraja mulanya diberikan oleh suku Bugis Sidenreng dan dari Luwu. Orang Sidenreng menamakan penduduk daerah ini dengan sebutan To Riaja yang mengandung arti "Orang yang berdiam di negeri atas atau pegunungan", sedang orang Luwu menyebutnya To Riajang yang artinya adalah "orang yang berdiam di sebelah barat". Ada juga versi lain bahwa kata Toraya asal To = Tau (orang), Raya = dari kata Maraya (besar), artinya orang orang besar, bangsawan. Lama-kelamaan penyebutan tersebut menjadi Toraja, dan kata Tana berarti negeri, sehingga tempat pemukiman suku Toraja dikenal kemudian dengan Tana Toraja.
Wilayah Tana Toraja juga digelar Tondok Lilina Lapongan Bulan Tana Matari allo arti harfiahnya adalah "Negeri yang bulat seperti bulan dan matahari". Wilayah ini dihuni oleh etnis Toraja.
Asal masyarakat Tana Toraja.
Konon, leluhur orang Toraja adalah manusia yang berasal dari nirwana, mitos yang tetap melegenda turun temurun hingga kini secara lisan dikalangan masyarakat Toraja ini menceritakan bahwa nenek moyang masyarakat Toraja yang pertama menggunakan "tangga dari langit" untuk turun dari nirwana, yang kemudian berfungsi sebagai media komunikasi dengan Puang Matua (Tuhan Yang Maha Kuasa).
Nilai Tradisi Vs Prinsip Alkitab
Suku Toraja masih terikat oleh adat istiadat dan kepercayaan nenek moyang. Kepercayaan asli masyarakat Tana Toraja yang disebut Aluk Todolo, kesadaran bahwa manusia hidup di Bumi ini hanya untuk sementara, begitu kuat. Prinsipnya, selama tidak ada orang yang bisa menahan Matahari terbenam di ufuk barat, kematian pun tak mungkin bisa ditunda.
Sesuai mitos yang hidup di kalangan pemeluk kepercayaan Aluk Todolo, seseorang yang telah meninggal dunia pada akhirnya akan menuju ke suatu tempat yang disebut puyo; dunia arwah, tempat berkumpulnya semua roh. Letaknya di bagian selatan tempat tinggal manusia. Hanya saja tidak setiap arwah atau roh orang yang meninggal itu dengan sendirinya bisa langsung masuk ke puyo. Untuk sampai ke sana perlu didahului upacara penguburan sesuai status sosial semasa ia hidup. Jika tidak diupacarakan atau upacara yang dilangsungkan tidak sempurna sesuai aluk, yang bersangkutan tidak dapat mencapai puyo. Jiwanya akan tersesat.
"Agar jiwa orang yang ’bepergian’ itu tidak tersesat, tetapi sampai ke tujuan, upacara yang dilakukan harus sesuai aluk dan mengingat pamali. Ini yang disebut sangka’ atau darma, yakni mengikuti aturan yang sebenarnya. Kalau ada yang salah atau biasa dikatakan salah aluk (tomma’ liong-liong), jiwa orang yang ’bepergian’ itu akan tersendat menuju siruga (surga)," kata Tato’ Denna’, salah satu tokoh adat setempat, yang dalam stratifikasi penganut kepercayaan Aluk Todolo mendapat sebutan Ne’ Sando.
Selama orang yang meninggal dunia itu belum diupacarakan, ia akan menjadi arwah dalam wujud setengah dewa. Roh yang merupakan penjelmaan dari jiwa manusia yang telah meninggal dunia ini mereka sebut tomebali puang. Sambil menunggu korban persembahan untuknya dari keluarga dan kerabatnya lewat upacara pemakaman, arwah tadi dipercaya tetap akan memperhatikan dari dekat kehidupan keturunannya.
Oleh karena itu, upacara kematian menjadi penting dan semua aluk yang berkaitan dengan kematian sedapat mungkin harus dijalankan sesuai ketentuan. Sebelum menetapkan kapan dan di mana jenazah dimakamkan, pihak keluarga harus berkumpul semua, hewan korban pun harus disiapkan sesuai ketentuan. Pelaksanaannya pun harus dilangsungkan sebaik mungkin agar kegiatan tersebut dapat diterima sebagai upacara persembahan bagi tomebali puang mereka agar bisa mencapai puyo alias surga

Bisa dimaklumi bila dalam setiap upacara kematian di Tana Toraja pihak keluarga dan kerabat almarhum berusaha untuk memberikan yang terbaik. Caranya adalah dengan membekali jiwa yang akan bepergian itu dengan pemotongan hewan-biasanya berupa kerbau dan babi sebanyak mungkin. Sesuai status sosial atau kedudukan orang yang meninggal.Semakin tinggi status social orang tersebut, maka kerbau belang atau babi yang dipotong semakin banyak. Harga kerbau mulai dari 40 juta rupiah sampai 100 juta rupiah. Seseorang meninggal akan dibuat upacara adat setelah menunggu dua sampai tiga tahun sampai terkumpulnya biaya upacara kematian. Para penganut kepercayaan Aluk Todolo percaya bahwa roh binatang yang ikut dikorbankan dalam upacara kematian tersebut akan mengikuti arwah orang yang meninggal dunia tadi menuju ke puyo. Sehingga biaya untuk pemakaman lebih mahal dari pada biaya pernikahan di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Kepercayaan pada Aluk Todolo pada hakikatnya berintikan pada dua hal, yaitu padangan terhadap kosmos dan kesetiaan pada leluhur nenek moyang. Masing-masing memiliki fungsi dan pengaturannya dalam kehidupan bermasyarakat. Jika terjadi kesalahan dalam pelaksanaannya, sebutlah seperti dalam hal "mengurus dan merawat" arwah para leluhur, bencana pun tak dapat dihindari.

Berbagai bentuk tradisi yang dilakukan secara turun-temurun oleh para penganut kepercayaan Aluk Todolo-termasuk ritus upacara kematian adat Tana Toraja yang sangat dikenal luas itu-kini pun masih bisa disaksikan. Meski terjadi perubahan di sana-sini, kebiasaan itu kini tak hanya dijalankan oleh para pemeluk Aluk Todolo, masyarakat Tana Toraja yang sudah beragama Kristen dan Katolik pun umumnya masih melaksanakannya. Sehingga menjadi suatu tugas para hamba Tuhan untuk memberitakan injil yang sesuai dengan budaya setempat yang tidak bertentangan dengan prinsip Alkitab. Bagi anak Tuhan di Tana Toraja terjadi suatu dilema dalam memilih nilai tradisi atau prinsip Firman Tuhan. Bila terjadi perbedaan prinsip budaya lokal dan Firman Tuhan maka Firman Tuhan harus menjadi prioritas diatas budaya atau adat istiadat. Karena Tuhan adalah diatas semua pencipta kehidupan. Karena Tuhan Yesus melampaui Hukum Taurat dan Tradisi Yahudi pada jaman perjanjian baru.
Tedong adalah salah 1 binatang paling berarti bagi masyarakat Toraja. Harga nya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

sumber:
thanks for...
wikipedia indonesia.indonesia99.blogspot

Read More “kebudayaan toraja”  »»

Rabu, 03 Maret 2010

kisah nabi muhammad saw ketika isra miraj

Maha Agung Allah Yg Telah Memperjalankan Hamba-Nya Di Waktu Malam Dari Masjidil Haram [MEKKAH] Ke Masjidil Aqsa [BAITUL MAQDIS-PALESTINA] Yg Kami Limpahkan Berkah Di Sekitar Perjalanan Itu, Karena Kami Hendak Mempertunjukkan Kepadanya Ayat Ayat Kami. Sesungguhnya Allah Itu Maha Mendengar Lagi Maha Memperhatikan. QS. Al Isra’ ayat 1.

Assalamu’alaikum Wr wb. Para teman2ku khususnya di dunia maya dan tentunya di dunia nyata yg di muliakan oleh 4JJI SWT. Sebelumnya terimakasih kami ucapkan bahwa teman2 telah sudi meluangkan waktu untuk menyimak sajian dari kami yg msh banyak kekuranganya berikut ini

Kita ketahui bersama bahwa di seluruh dunia Islam setiap tahun, padg malam 27 Rajab slalu di peringati kisah Isra Mi’raj. Sebagai kenangan peristiwa bersejarah yg amat penting itu, kalau kita melihat bahwa Isra Mi’raj adalah suatu “perjalanan ilahiyah” yg tiada bandingnya, yg hanya berlaku satu kali didalam sejarah kemanusia’an didunia ini.Tiada pernah ada didalam sejarah kehidupan manusia suatu peristiwa yg berhak untuk dibanggakan dan di kagumi, diagungkan dan di anggap suci sebagaihalnya cerita Isra Mi’raj, yg menjadi Mu’jizat dan lambang kebesaran dan kehormatan bagi NABI dan RASUL yaitu MUHAMMAD SAW. Perjalanan suci ilahiyah itu terjadi pada bulan Rajab, sesudah Nabi Muhammad menjadi Rasul, tetapi beliau belum hijrah ke Madinah. Didalam tahun yg sama dan malam yg sama, yaitu 27 Rajab. Terjadinya perjalanan mulia itu adalah dengan tubuh dan jasmani rohani Nabi yg mulia tanpa berpisah ratu dari yg lain dan di waktu beliau terjaga/bangun. Peristiwa Isra nya dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa di Baitul Maqdis Palestina, sesudah itu beliau melakukan Mi’raj dari atas batu yg terapung di Baitul Maqdis dan menuju tujuh lapis langit, tingkat demi tingkat sampai di Sidratul Muntaha yg disampingnya terletak Jannatul Ma’wa [Syurga]. Disinilah Nabi mendengar goresan “Qalam” Illahi dan kalimah Allah disuatu tempat yg tak sanggup kita capai.

Adapun caranya tidaklah sampai pada akal manusia untuk melukiskanya, karena kejadiannya sangat jauh dari jangkauan pikiran, tidak ber-jism dan tidak berbanding. Bersih dari segala contoh perbandingan dengan segala mahluk manusia seperti kita ini pada umumnya. Tetapi kita yakin akan kebesaran Allah Swt. Peristiwa tunggal yg tiada duanya ini di peringati sampai kepada zaman kita sekarang ini. Tapi zaman sekarang manusia telah mengarungi ruang angkasa luas, sudah terjadinya bulan bulanan dan stasion stasion di udara. Ia tetap menjadi perangsangka untuk beriman kepada yg GHOIB, dan menjadi cont�h yg paling tinggi bagi kelemahan manusia berhadapan dengan kodrat Illahi yg Maha Besar lagi Maha Menjadikan, yg segala wujud bertunduk kepada-Nya dengan cepat dari pada yg dapat kita duga dan kira kirakan.

Peristiwa ISRA’ meninggalkan pula suatu semboyan yg hidup yaitu “DARI MASJID KE MASJID” yg dalam bahasa jawanya “FROM MOSQUE TO MOSQUE” contohnya ya SAFARI RAMADHAN. Semboyan ini merupakan suatu lambang yg hidup yg menanamkan dihati stiap Mukmin akan perasa’an kesucian pada setiap kali melakukan perjalanan dgn tujuan yg mulia. Baik didalam negeri maupun perjalanan keluar negeri. Disebutkan tempatnya yaitu, yaitu Masjid, tetapi dimaksud perbuatannya dan amalnya, yaitu bersujud. Diceritakan perjalanan Nabi dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, adalah menjadi ibarat bagi suci bersihnya hati dan amal waktu mulai melangkah, dan tetap suci bersih selama dalam perjalanan sampai ketempat yg di tuju, bahkan sampai pulangnya kembali dengan selamat dalam suci bersih jua adanya.

Diwaktu segenap manusia hanyalah mengendarai Onta, kuda atau hewan hewan lainya, Nabi Muhammad SAW sudah dikaruniai oleh 4JJI SWT untuk menaiki KENDARA’AN yg belum ada dizamannya. Kenendara’an yg bernama “BURAQ” itu disebutkan dlm hadits “LANGKAHNYA SEJAUH JAUH MATA MEMANDANG” Ia naik meninggi lalu terbang cepat bagaikan cepatnya anak panah lepas dari busurnya, melampaui bukit2 Mekah dan melintasi padang sahara yg membentang luas, menuju utara dan ditemani oleh MALAIKAT JIBRIL. Berabad abad lamanya perjalanan yg misterius itu tdk dapat dipahamkan orang menurut semestinya. Sekedar beriman bahwa demikian adalah suatu Mu’jizat yg diberikan 4JJI SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Tetapi kemudian, stelah melalui percoba’an seorang sarjana penerbang Islam dari ANDALUSIA yg bernama ABBAS BIN FERNAS (190-260 H.) atau (805-873 M.) yg mulai menancapkan kemungkinan “MANUSIA TERBANG”. Kemudian Filosofi Islam “IBNU SIENA” membuat cerita fantasi “THE IS ARGUMENT OF THE FLAYING MAN” ini adalah alasan tentang adanya manusia terbang

Setelah itu barulah muncul si TUKANG penghayal besar dari PERANCIS namanya JULES VERNE (1828-1905 M.) dengan buku buku FANTASInya tentang perjalanan ke Bulan dan lainya. Maka akhirnya barulah muncul si WRIGHT bersaudara dari OHIO AMRIK, yg pada tahun 1878 M dgn pembuatan kapal terbang pertamanya dan kemudian di ikuti oleh GRAF VON ZEPPELIN dari JERMAN pada tahun 1900 M. Untuk zaman kita yg modrn skarang ini, tidaklah sulit lagi untuk memahaminya kendara’an “BURAQ” yg dikendarai oleh NABI MUHAMMAD SAW dalam Isra nya pada abad yg telah berlalu itu. Jadi intinya begini, dijaman kita inilah terbukti sudah JANJI JANJI 4JJI SWT yg BERFIRMAN tentang soal kendara’an dan angkutan selain hewan hewan dahulu itu, yg berbunyi:
Dan Allah Pasti Akan Menjadikan (Kendara’an Kendara’an Lain) Yang Kalian Belum Mengetahuinya. [QS. An Nahl : ayat 8.]

Manakala kita membicarakan sebagai contoh, bahwa manusia sudah menginjakkan kakinya ke BULAN, maka harus kita ingat selalu akan PERBEDA’AN yg sangat jauh antara MI’RAJ nya NABI MUHAMMAD SAW yg telah sanggup menembus atau sampai ke LANGIT lapis ke TUJUH. Sementara PERJALANAN para ASTRONOT yg hanya mampu sampai ke BULAN. Sedangkan para ULAMA ULUNG masih mempertanyakan KESANGGUPAN karya wong AMRIK itu yg katanya ASTRONOTnya telah menginjakkan kakinya ke BULAN. Taukah anda seberapa panasnya SUHU di BULAN yg tanpa PEPOHONAN barang secuilpun? Padahal MATAHARI begitu dekat menyinari BULAN. Kita yg tinggal di PLANET BUMI yg TROPIS dan jauh dari MATAHARI saja PANASNYA Na’udzubillahi Minzhalik, apa lagi di BULAN? Manusia zaman sekarang belumlah keluar dari lingkaran setan eh salah, MATAHARI maksudnya. Yg kita hidup di salah satu PLANETNYA yaitu BUMI yg kita pijak ini. Adapun perjalanan NABI, MI’RAJ ke atas langit ke TUJUH sampai ke SIDRATUL MUNTAHA dan sampai ke JANNATUL MA’WA itu telah melewati MATAHARI “SUBHANALLAH ALLAHU AKBAR.” Sebagaimana sejarah itu telah di sebutkan didalam “KITAB KITAB SUCI” yg diturunkan kepada para NABI dan RASUL-NYA. Bukanlah langit langit menurut arti yg “LUGHOWY” atau bahasa sehari2, tetapi yg dimaksudkan ialah segala langit yg menjadi tempatnya para “MALAIKAT” dan “ARWAH2″ yg suci, suatu alam “MALAKUT” yg tidak mungkin ditempuh oleh MANUSIA dan JIN, kecuali oleh orang yg mendapat KEHORMATAN dari 4JJI SWT untuk memasukinya. Titik puncak perjalanan yg terakhir ialah, Nabi Muhammad SAW diterima menghadap 4JJI SWT untuk melihat Zat-Nya yg Maha Luhur sbagai penghormatan yg terakhir baginya NABI diterima, dan kemudian di beri “AMANAH” untuk segala mahluk, yaitu mengerjakan “SHALAT LIMA WAKTU DALAM SEHARI SEMALAM” yg mana tadinya telah ditetapkan yaitu “LIMA PULUH KALI DALAM SEHARI SEMALAM” mana kita bakal sanggup, yg LIMA KALI dlm sehari semalam aja banyak yg OGAH OGAHAN betul kan?

Alangkah agungnya menghadap 4JJI SWT, itu. Sarjana barat mengatakan “kalo aku jadi Muhammad, dengan diterimanya oleh 4JJI yg Maha Agung itu maka saya tidak akan kembali turun kebumi (DUNIA) ini. Yg penuh dengan segala dosa dan kemaksiatan. Tetapi Rasulullah SAW, bukanlah seorang yg “EGOIS” seperti sarjana barat yg mementingkan dirinya sendiri. Setelah selesai menghadap 4JJI AZZA WAA JALLA, beliau memohon diri untuk pamit kembali turun ke BUMI ketengah tengah masyarakat di jazirah arab yg harus dipimpinnya kejalan Ridho 4JJI SWT. Beliau turun ke Bumi meneruskan misi suci yg ditugaskan oleh 4JJI SWT kepadanya. Beliau membentuk UMMAT baru, dan menjadi Pemimpin Ummat yg dikenal dengan “Ummatan Wasatha” (balance people) yg mencapai kemenangan “Fiddun’yaa waal akhirat” demi untuk kepentingan rohani dan jasmani. Dan semoga kita selalu dalam bimbingan dan syariatnya, menjaga shalat kita sebagai wadah iman dan takwa kita atas kebesaran 4JJI AZZA WA JALLA. Sehingga kita mendapatkan syafa’at-Nya hingga yaumil akhir.. Amiin yaa Rabbal’alamin

Barokallahu Lii Walakum Filqur’anil Adziem Wa Nafa’anii Wa Iyakum Bimaa Fihi Minal Aayati Wa Dzikril Hakim Aquulu Qaulii Hajdza Wastaghfirullahil Adziem Lii Walakum Innahu Huwal Ghofuururrahiim.

Billahi fi sabilil haq, Wassalamu’alaikum Wr wb.


sumber: http://jhonisamual.wordpress.com/2009/04/22/cerita-isra-miraj/#comment-2

Read More “kisah nabi muhammad saw ketika isra miraj”  »»

Senin, 01 Maret 2010

Kepribadian

Kepribadian

Pribadianku kepribadian yang dewasa dan merupakan label positif bagi orang yang dianggap telah mencapainya. Sayang, banyak orang tak pernah berpikir menjadi dewasa. Padahal, kepribadian dewasa merupakan ukuran perkembangan kepribadian yang sehat.

Kepribadian yang dewasa diartikan secara berbeda-beda oleh banyak orang. Hal ini tercermin dari beberapa

hal kepribadianku ini termasuk kepribadian yang dewasa oleh karena itu sifat sabar akan tercermin karena kedewasaan yang telah dilalui selama bertahun- tahun.

Pribadi yang dewasa akan timbul senderi dengan berjalannya waktu dan kita harus bisa mencari pengalaman diri.

sehingga pribadianku ini bisa dibilang masih belum mengetahui kedewasaan dalam diri ini.

kepribadianku ini harus dilatih agar pada saat didunia kerja tidak memalukan atasan dan staff lain.

oleh karena itu kepribadian yang dewasa, mandiri,dan kerja keras akan membentuk diri dan sifat kita yang bernilai positif oleh orang lain.


banyak orang memulai sesuatu dengan instant padahal membentuk kepribadian membutuhkan waktu dan niat dari orang tersebut. kepribadian yang baik, kadang kala orang bisa menjadikan kita seorang pemimpinnya. mengapa!

karena orang tersebut ingin menjadikan dirinya membentuk kepribadian yang baik.


kepribadian yang baik harus dimiliki oleh seseorang karena banyak orang menyukai seseorang dari kepribadiannya apabila kita memiliki kepribadian baik salah satu timbal baliknya banyak teman, networking luas, tidak ada musuh. sebaliknya apabila kita memiliki kepribadian buruk maka orang lain pun enggan menemani kita sehingga kita tidak bisa berkembang dari lingkungan.


Orang yang tidak dewasa berkata, "Saya harus bertingkah laku begini." Sebaliknya, orang yang dewasa berkata, "Saya sebaiknya bertingkah laku begini." Suara hati yang dewasa adalah perasaan kewajiban dan tanggung jawab kepada diri sendiri dan orang lain, dan mungkin berakar dalam nilai-nilai agama atau etis.

Kepribadian dapat dibagi menjadi dua tipe :

  1. kepribadian yang introvert

kepribadian yang tertutup, hanya ingin melakukan hal sesuatu dengan individu.

Kepribadian ini memiliki beberapa ciri – ciri:

tidak mudah bergaul, tidak terbuka dengan yang lain

Serius, tenang, kekuatannya pada konsentrasi dan ketelitian. Praktis, rapi, tidak berbelit-belit, logis realistic dan dapat dipercayai, terorganisir dengan baik. Bertanggung jawab mewujudkan idenya sendiri dalam menyelesaikan sesuatu tugas dan melakukan terus menerus daripada melakukan protes atau gangguan

  1. kepribadian ekstrovert kepribadian yang terbuka ,seseorang tersebut apabila melakukan pekerjaan dengan kelompok. Kepribadian ini biasanya periang, mudah bergaul, senang dengan hal-hal yang menarik, dan ada sisi negative dari kepribadian ini biasanya orangnya masa bodo/ sembrono, mudah lupa , mudah terpengaruh, dan tidak care dengan keadaan lingkungan hidupnya.

Read More “Kepribadian”  »»

 

bruce lee tips

Dark Side Blogger Template

virtual sonic

Dark Side Blogger Template

Dark Side Blogger Template Copyright 2009 - Rizki blog is proudly powered by Blogger.com Edited By Belajar SEO